Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : KETERAMPILAN MEMBUAT BROSS
Paket :
A B C
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi
jenis motif hias pada bross
II. Indikator
· Mengamati
beberapa gambar/foto/model ragam hias bross hasil karya orang
lain
· Mengidentifikasi
ragam hias bross hasil karya orang
lain
· Mengidentifikasi
teknik dan bahan pembuatan bross
III. Tujuan
Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias
pada bross hasil karya orang lain
IV. Materi Ajar
Membuat Bross dan aksesoris Hijab
V. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model
berbagai motif hias bross
Kegiatan Inti
1.
Mengidentifikasi jenis motif hias pada bross hasil karya orang lain
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang
motif hias bross hasil karya orang lain
3.
Mengeksposisi keragaman motif hias bross hasil karya orang lain
4.
Tanya jawab
Kegiatan
Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan
Rumah
3. Menutup pelajaran
VII.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Modul Tutorial membuat Bross
·
Video
·
Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja
Peserta didik
Mengetahui, Cimahi,23 Maret 2016
Ketua PKBM Guru Mata Pelajaran
Warki Komar Hermawan Ida Nurfarida, S.Pd
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : KETERAMPILAN MEMBUAT BROSS
Paket :
A B C
Pertemuan Ke : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengekspresikan diri melalui karya seni Membuat Bross
I. Kompetensi Dasar :
1.2 Menjelaskan cara membuat bross dan aksesoris hijab
II. Indikator
·
Mengidentifikasi
jenis –jenis ragam corak dalam bross dan aksesoris hijab.
·
Mengelompokkan
jenis-jenis corak dalam bross dan aksesoris hijab.
·
Menyebutkan langkah-langkah dalam pembuatan karya seni
rupa dalam bross dan aksesoris hijab.
·
Merancang pola ragam hias bross dan
aksesoris hijab di atas bahan kertas tisyu, dan bahan bross Mewarnai
bross dan aksesoris hijab dengan perpaduan warna pada bahan kertas
dan bahan kain.
III.
Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan ragam hias dan cara bross
dan aksesoris hijab
IV. Materi Ajar
Mengenal Ragam Hias dan
Teknik bross dan aksesoris hijab
V. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
2.
demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar,
foto atau model beberapa corak bross dan aksesoris hijab
Kegiatan Inti
1.
Mengklasifikasi jneis-jenis corak dalam bross dan aksesoris hijab
2.
Menjelaskan cara dan langkah-langkah dalam bross dan aksesoris hijab
3.
Membuat rancangan pola hias bross dan aksesoris hijab
4.
Mewarnai rancangan pola hias bross dan aksesoris hijab
Kegiatan
Akhir
1. Menutup pelajaran
VIII. Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
·
Modul Tutorial membuat Bross
·
Video
·
Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja
Peserta didik
Mengetahui, Cimahi,23 Desember 2016
Ketua PKBM Guru
Mata Pelajaran
Warki Komar Hermawan Ida Nurfarida, S.Pd
Cara
Membuat Bros Mudah dan Sederhana
Cara Membuat Bros – Aksesoris selalu menjadi barang yang istimewa bagi setiap
wanita. Baik itu pernak-pernik yang berukuran kecik hingga yang besar hingga
peralatan pokok, semuanya banyak disukai oleh kaum hawa. Hal ini menjadi suatu
kewajaran, menginggat wanita adalah makhluk tuhan yang selalu ingin tampil cantik dan sempurna.
Karena kecintaanya terhadap aksesoris ini,
terkadang wanita tidak mempermasalahkan harga kerap kali dinomor duakan.
Terkadang juga kaum wanita membeli aksesoris hampir setiap minggu, setiap bulan
dan tentunya akan sangat menguras isi dompetmu.
Nah, untuk menghemat pengeluaran mingguan bahkan
bulanan sebaiknya membuat aksesoris sendiri aja, misalnya bros. Bros ini juga
bisa kamu gunakan untuk aksesoris Jilbab dan tentunya akan menambah kecantikan
pada diri kamu.
Bahan dan Alat Cara Membuat Bros
- Kain
perca dari bahan katun.
- Gunting,
kalau bisa gunakan yang sedang jangan terlalu besar.
- Jarum
pentul, pilihlah jarum pentul yang sering digunakan untuk menjahit.
- Jarum
jahit.
- Benang,
gunakanlah benang sesuai wara keinginan kamu.
- Kancing,
pilihlah kancing yang benar-benar pas untuk bros dan sesuaikan dengan
warna kain nya.
- Peniti
bros.
Baca Juga: Grosir Tas Murah
Cara Membuat Bros
1.
Setelah itu kain perca tadi digunting dan dibentuk kotak, ukurannya kurang
lebih 5 cm sebanyak 10 lembar.
2.
Selanjutnya kain perca dilipat menjadi 2 membentuk segitiga, kemudia setiap
sudut bawahnya dilipat ke atas, agar lebih jelas kamu bisa melihat
tahapan-tahapan pada gambar di bawah ini.
3.
Lalu lipatan kain perca tadi kamu tusuk dengan jarum pentul agar bentuknya
tidak berubah.
4.
Setelah itu kamu gunting lipatannya.
5.
Selanjutnya kamu tusuk lipatan kain perca-nya, hingga terangkai 10 lipatan kain
perca.
6.
Lalu matikan ikatan benangnya hingga lipatan kain perca bertemu dengan lipatan
perca terakhir yang telah dirangkai. So, jadi deh, tinggal kamu rapikan dan
diberi kancing tengahnya dan jangan lupa tambahkan peniti bros di belakangnya.
Silabus
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : PKBM MITRA
DIKMAS
Paket : A B C
Mata Pelajaran : Keterampilan Membuat Bross dan Aksesoris Hijab
Standar
Kompetensi : SENI RUPA
1. Mengapresiasi
karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mengidentifikasi
Membuat Bross dan Aksesoris Hijab yang diciptakan di daerah setempat
1.2
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah
setempat
|
·
Beragam jenis,
bentuk,teknik, makna Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah setempat
·
Perkembangan
seni Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah setempat
·
Keunikan seni Membuat Bross dan Aksesoris Hijab murni
daerah setempat
·
Apresiasi karya
seni Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah setempat
|
· Membaca referensi tentang Membuat Bross
dan Aksesoris Hijab daerah setempat
· Mendiskusikan perkembangan Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah
setempat
· Mengamati karya Membuat Bross
dan Aksesoris Hijab daerah sempat
· Membuat kliping
tentang hasil Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah setempat
· Membuat tanggapan tentang keunikan Membuat
Bross dan Aksesoris Hijab daerah
setempat
|
·
Mengidentifikasi
beragam karya Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah
setempat
·
Mengkaji
perkembangan seni Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerah setempat.
·
Mendeskripsikan
keunikan gagasan dan teknik karya Membuat Bross
dan Aksesoris Hijab daerah setempat
· Membuat tanggap an
tentang karya seni Membuat Bross dan Aksesoris
Hijab daerah setempat
|
Tes tertulis
Penugas
an individu/
kelompok
Tes praktik
/kinerja
|
Tes uraian
Tugas Rumah
Tes identifikasi
|
·
Tuliskan
sedikitnya 2 karya Membuat Bross dan Aksesoris Hijab yang ada di daerahmu.
·
Berikan
penjelasan masing-masing contoh mengenai jenis, bentuk, teknik pembuatan dan
maknanya
·
Jelaskan secara
singkat sejarah perkembangannya
·
Buatlah
kliping berupa gambar dan tulisan
tentang keunikan karya Membuat Bross dan Aksesoris Hijab daerahmu
·
Presentasikan
hasil klipingmu
|
2x35 menit
2x35 menit
2x35 menit
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
|
Mengetahui,
Ketua PKBM
Mitra Dikmas
Warki Mkomar Hermawan
|
Cimahi,23 Maret 2016
Guru Mapel
Ida Nurfarida Spd
|
0 comments:
Post a Comment