Friday, April 20, 2018

INFO KEJAR PAKET A B C (Ujian Nasional)



KEJAR PAKET – TANYA JAWAB
                                                                                                  
Pertanyaan Seputar Kejar Paket A, Kejar Paket B, Kejar Paket C
(Informasi Kejar Paket B)
PKBM Mitra Dikmas | jl.Nanjung no.56 Rt.01/01 Kel.Utama Kec.Cimahi selatan Kota Cimahi (Lokasi : Belakang Kantor Kelurahan Utama di SDN Utama 7)
Apa saja syarat untuk mendaftar Ujian Kejar Paket B, Daftar Sekolah Paket B, Daftar Sekolah Paket C?
Jawab : Syaratnya adalah Fotocopy Akta Lahir, KK, Ijasah Terakhir Legalisir Asli, Pas Foto ukuran 2×3 dan 3×4 berwarna dengan pakaian kemeja putih berdasi. Membeli Formulir Pendaftaran dan melengkapi berkas tersebut.
Dimana saya bisa mendaftarkan ujian kejar paket c, ujian kejar paket b, dan ujian kejar paket a ?
Jawab : jl.Nanjung no.56 Rt.01/01 Kel.Utama Kec.Cimahi selatan Kota Cimahi (Lokasi : Belakang Kantor Kelurahan Utama di SDN Utama 7).
Rumah saya jauh dari PKBM Mitra Dikmas Misalnya berada di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi apakah bisa mendaftar ikut kejar paket B ?
Jawab : Bisa, PKBM terbuka untuk seluruh warga indonesia tanpa terkecuali, bahkan untuk yang berada di luar negeri sekalipun, silahkan menghubungi No. 08164204525 atau 087822755551.
Bagaimana cara saya belajar kalau saya jauh dari PKBM Mitra Dikmas di Rambutan Ciracas untuk mempersiapkan ujian ?
Jawab : Proses belajar harus tetap dilaksanakan walaupun warga belajar berada di luar kota atau jauh dari lokasi PKBM, caranya dengan hanya membeli paket modul sesuai kisi-kisi Peraturan Pemerintah untuk dipelajari secara mandiri, atau dapat memanggil tutor untuk dapat mengajar di rumah.
Apakah persyaratan fotocopy Ijasah harus asli ? bagaimana kalau Ijasah asli saya di kampung ?
Jawab : Legalisir asli adalah mutlak sebagai persyaratan, namun bukan tidak ada solusi terhadap permasalahan tersebut, calon warga belajar dapat membawa Ijasah asli untuk dipindai (scan) dan fotocopy dapat di legalisir di PKBM saat pendafaran dilakukan.
Berapa biaya kejar paket A, biaya kejar paket b, dan biaya kejar paket c untuk sampai dengan ujian dilaksanakan ?
Jawab : Biaya ujian kejar paket a, ujian kejar paket b, biaya ujian kejar paket c dapat ditanyakan langsung ke nomor 08164204525 atau 087822755551
Bisakah saya langsung mengikuti ujian Kejar paket B, dan langsung ikut kejar paket C di tahun yang sama ?
Jawab : Tidak Bisa, jika ada lembaga yang menyanggupi permintaan semacam itu, berarti warga belajar dan lembaga telah melakukan pelanggaran hukum. Dan pasti akan terjadi permasalahan di masa depan.
Berapa biaya pendaftaran di PKBM kejar paket a, kejar paket b, kejar paket c ?
Biaya pendafataran Rp.0,- : Hubungi 08164204525 - 087822755551
Apakah bisa menerima homeschooling (sekolah rumah)?
Jawab : Bisa, harap membuat janji dulu dengan 08164204525 - 087822755551, agar pengaturan jadwal, kebutuhan belajar dan tutor dapat dipastikan.
Apakah dapat menerima Anak Berkebutuhan Khusus ?
Jawab : Tidak, Karena anak berkebutuhan khusus telah mendapat naungan di sekolah luar biasa.
Bagaimana status Ijasah Kejar Paket A, Kejar Paket B, dan Kejar Paket C ?
Jawab : Status Ijasah berpenghargaan sama dengan sekolah formal, sehingga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, kuliah di Universitas Negeri maupun swasta, kenaikan jabatan, penyesuaian penghasilan dll.
Apakah sudah dijamin lulus apabila mengikuti Ujian Kejar Paket A, Kejar Paket B, Kejar Paket C ?
Jawab : Kepastian lulus dapat dilakukan jika proses belajar dan proses ujian dilakukan dengan baik dan benar.
Bagaimana cara mendaftar kejar paket a, kejar paket b, kejar paket c dari luar kota ?
Jawab : Persyaratan lengkap dikirimkan via Kantor Pos ke : JL.NANJUNG NO.56 RT.01 RW.01 KEL.UTAMA KEC.CIMAHI SELATAN KOTA CIMAHI (LOKASI : PINGGIR SD UTAMA 7 BELAKANGKANTOR KELURAHAN UTAMA). Setelah resmi berkasnya lengkap dan membayar registrasi dan uang pangkal sekolah, kami akan mengirimkan atribut dan modul buku ke rumah anda.
Bagaimana Cara Belajarnya jika saya sibuk bekerja, atau tidak dapat hadir di kelas?
Jawab : belajar bisa dilakukan secara mandiri, Flexibel, Namun wajib hadir ke Lembaga jika Ujian Akhir Semester, Try Out, Ujian Akhir Sekolah, dan Ujian Nasional Serempak di Cimahi.
Apakah bisa mendaftar via email / online ?
Jawab : Bisa, 

Apakah bisa mendaftar jika Ijazah nya hilang ?
Jawab : Bisa,         

Bagaimana proses pembayaran dilakukan ?
Jawab : proses pembayaran bisa dilakukan cash atau transfer ke rekening BANK BRI atas nama PKBM MITRA DIKMAS Resmi Lembaga atau Bank JABAR PKBM MITRA DIKMAS. Dan BANK BCA
Apakah bisa mengikuti program Langsung Ujian Kejar Paket A, Langsung Ujian Kejar Paket B, Langsung Ujian Kejar Paket C ?
Jawab : Bisa, biasanya dilakukan bagi para pekerja atau warga belajar yang jarak jauh, namun proses belajar mandiri harus dilakukan dengan modul yang telah kami sediakan. Hub. di Nomor 087822755551 - 08164204525
Tau Nggk Sih, pendaftaran kejar paket c itu sebenarnya bagaimana? Pendaftaran kejar paket c atau biasa disebut juga kesetaraan SMA bisa di lakukan setiap hari, namun yang harus difahami adalah kita mendaftar di tahun ajaran berapa. Kebanyakan calon siswa siswi mendaftar ingin langsung ikut ujian paket c saja, padahal bukan seperti itu prosesnya. Sama seperti proses sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas/umum. Kita mendaftar dulu untuk masuk sekolah, bahkan ada tes seleksinya, ikuti proses belajar mengajar, ujian internal sekolah, ujian akhir sekolah, baru kita bisa ikut Ujian Nasional atau Ujian Negara.
Jangan salah kaprah menilai Kejar Paket C itu adalah seperti model tes toefl, yang daftar bisa langsung ujian. Toefl saja harus mengikuti proses pendalaman materinya, baru bisa ikut ujian. Contoh jika ada calon siswa yang mendaftar tahun 2017, proses seleksinya ada pada kelengkapan berkas, seperti Akta Lahir, KTP, KK, Ijasah terakhir Legalisir Asli, Pas foto terbaru, dan mengisi berkas registrasi yang disediakan oleh PKBM Mitra Dikmas. Baru siswa tersebut terdaftar di lembaga non formal, bisa mengikuti belajar mengajar di kelas maupun secara mandiri atau sekolah rumah (homeschooling). Tahapan selanjutnya adalah evaluasi belajar dalam bentuk Ujian Akhir Semester, Ujian Akhir Sekolah, Simulasi Ujian Nasional dengan LJK Komputer, atau UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), dan akhirnya Ikut UJIAN NASIONAL. Jangan sampai bolos ya, karena pasti tidak akan lulus, kan sayang sudah menjadi siswa/siswi selama beberapa tahun tapi tidak ikut Ujian Nasional.
Setelah Ujian Nasional apa bisa langsung dapet Ijasah? Nggk begitu Guys prosesnya, nilai seluruh siswa di kumpulkan dulu, verivikasi, di nilai, di cetak, diumumkan kelulusan, baru bisa Negara Mencetak Ijazah kelulusan. Ingat..! IJAZAH nya di cetak oleh NEGARA ya Guys, bukan oleh Lembaga Pendidikan.
Jadi Kalau saya daftar tahun 2017 ujiannya kapan? Ya tergantung Ijasah SMP nya terbit tahun berapa, karena jenjang UN setara SMA adalah siswa yang memiliki Ijazah SMP 3 tahun sebelum Ujian Nasional.
IJAZAH SMP Terbit Tahun 2015 + 3 Tahun Usia Sekolah setara SMA = UJIAN NASIONAL PAKET C Thn 2018, begitu cara menghitung kapan kita Ujian Nasional. Untuk itu jangan sampai telat ya mendaftarnya karena sekarang sudah masuk era digitalisasi Guys, semuanya serba online termasuk pendaftaran dan verivikasi berkas Kejar Paket C. Belajar yang rajin ya, agar lulus Ujian Nasional Nanti.

0 comments:

Post a Comment